Friday, October 25, 2013

Resep Cara Membuat Donat Enak Empuk dan Lezat


Resep Cara Membuat Donat
Resep Cara Membuat Donat - Setiap orang pasti memiliki makanan favorit mereka dan salah satu makanan yang termasuk banyak penggemarnya ialah donat. Donat merupakan makanan yang bisa dibilang merakyat karena makanan ini mudah ditemui, murah, rasanya enak, dan pembuatannya pun juga tidak rumit sebab menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana seperti telur, tepung terigu, gula, dan lain-lain.

Donat pada umumnya memiliki ciri bulat dan lubang di bagian tengahnya. Namun, ada juga varian donat yang bulat penuh dan berisi seperti krim, selai, atau yang lainnya.

Rasa yang enak dan bahan yang mudah didapat tentu bisa menjadi daya tarik sendiri bagi banyak orang untuk membuatnya sendiri di rumah. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan sebab Anda bisa membuat kue donat dengan rasa yang sesuai selera sendiri.

Sekarang ini mencari resep cara membuat donat sangat mudah, baik di buku atau pun di internet. Nah, di sini blog Inovasi Kesehatan akan mencoba membagi resep cara membuat donat agar donat yang dihasilkan memiliki rasa yang enak dan teksturnya empuk dan tidak bantat. 

Berikut resep cara membuat donat yang bisa Anda praktikkan.
Bahan:
  1. 500 gr tepung terigu 
  2. 4 sdm gula pasir
  3. 2 butir telur ayam
  4. 11 gr atau ½ bungkus ragi intan
  5. 2 sdt garam
  6. 3 sdm mentega
  7. 3 sdm susu bubuk atau kental
  8. Minyak goring secukupnya
Cara pembuatannya:
  1. Ambil 2 butir telur yang telah disiapkan lalu kocok dengan menggunakan alat pengocok atau pun dengan sendok.
  2. Masukkan mentega, gula pasir, susu, garam, dan tepung terigu kemudian aduk dan kocok kembali hingga rata
  3. Masukkan ragi yang telah dicampur dengan air lalu aduk lagi hingga rata dan uleni adonan hingga menjadi kalis.
  4. Diamkan adonan dalam wadah tertutup kurang lebih 20 menit hingga mengembang.
  5. Ambil adonan kira-kira 1 sendok makan  lalu letakkan dalam wadah yang sudah ditaburi tepung (agar  tidak lengket).
  6. Lakukan cara tersebut terus menerus hingga adonan habis lalu diamkan kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang kembali.
  7. Panaskan minyak goreng secukupnya (usahakan agak banyak agar donat menjadi lebih bagus) lalu ambil satu persatu adonan kemudian lubangi di bagian tengahnya.
  8. Goreng donat dengan api sedang agar matangnya merata.
  9. Jika sudah matang atau terlihat berwarna kecokelatan angkat lalu tiriskan.
  10. Hias lah kue donat sesuai selera baik dengan taburan gula pasir, ceres, coklat, keju, kacang, atau dengan toping yang lainnya sesuai selera dan kue donat siap dihidangkan.
Bagaimana? Sangat mudah bukan? Jika Anda menginginkan sesuatu yang beda dengan artikel resep cara membuat donat ini, Anda juga bisa memvariasikan rasa sesuai dengan selera masing-masing yang diinginkan. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment