Saturday, November 9, 2013

Cara Merubah Port VPS SSH dengan Putty


Okeh kawan, kali ini saya akan share Cara Merubah Port VPS / SSH. Nah, Apa Sih VPS (Virtual Private Server) dan SSH (Secure Shell) itu...??? Cari aja di mbah google, lagi males. xixixixi....

Bagi Para Gretonger atau Pecinta Gratisan mungkin ini udah biasa mereka lakukan buat si tere AOn dengan Port BO yang sudah coid beberapa waktu lalu, walaupun masih bisa dengan proxy ori tapi lelet abis.xixixi... Dan Port 143 yang digunakan Si Luna di 512 (kebalik) yang kayaknya masih work, Tapi disini saya bukan share Trik Internet Gratis Kartu Tri atau Trik Internet XL ataupun yang lainnya, Saya akan share merubah Port pada VPS/SSH. Dengan VPS Gratisan dari OVH karena Saya tidak punya VPS yang Premix...xixixixi....

1. Pertama, tentunya kita harus punya VPS/SSH nya donk,
2. Download Putty nya dimari gan.. PUTTY..
3. Buka Putty, masukkan server dan port yang ada (port default biasanya 22 kalo belum pernah diganti)



4. Klik Open, Bila ada permintaan konfirmasi klik aja Yes, maka tampilannya seperti cmd dan meminta username yang digunakan untuk login [ENTER].


5. Masukkan Password, disitu seperti tidak ada perubahan ketika ketik password tapi sebenarnya ada, ketikkan aja password dengan benar [ENTER].


6. Maka akan masuk tuh ke root nya. Disini kita bisa menggunakan perintah NANO atau VI, tapi saya contohkan dengan VI, ketik VI /ETC/SSH/SSHD_CONFIG

7. Cari tulisan Port 22, lalu tekan "I". Hapus # di #Port 22 bila ada, dan tambah kan Port yang akan dibuka dibawah Port 22, saya contohkan 143.


8. Tekan "Esc", ":" , lalu "X" , dan ENTER. dan Restart dengan perintah SERVICE SSH RESTART


9. Tinggal coba VPS/SSH dengan Port yang baru ditambahkan tadi dengan software Tunnelier, atau SSH Client yang lainnya.

Okeh dah Kalo begitu, Cukup Sekian Saja Tutorial kali ini... Semoga Tidak Pusing dengan tutorial ane yang berbelit-belit, Semoga Bermanfaat...!


No comments:

Post a Comment